Pembobol Dinkes Mamasa Dinilai Paham Kondisi Kantor – Radar Sulbar
Mamasa

Pembobol Dinkes Mamasa Dinilai Paham Kondisi Kantor

Pihak kepolisian sedang lakukan olah TKP di kantor Dinas Kesehatan, Rabu 2 Agustus. (ZULFADLI/RDR)

 

RADARSULBAR.CO.ID — Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamasa, Sulawesi Barat belum lama ini kehilangan uang kas senilai Rp84 juta.

Uang tersebut tersimpan di ruang bendahara kantor. “Hanya uang saja yang diambil dan tidak ada barang lain. Bahkan laptop saya di meja tidak diambil,” kata Bendahara Dinkes Mamasa, Mongga.

Satpam yang saat itu sedang jaga malam mengaku baru mengetahui jika dirinya kebobolan, saat jam kantor. “Nanti pagi juga saya tahu, saat orang kantor masuk,” ucapnya Pasabuan, satpam kantor yang bertugas saat kejadian.

Ia memerkirakan aksi pencurian itu terjadi sekira pukul 02:00 wita lewat, saat dirinya sedang istirahat. “Pukul dua lewat saya memang sedang berada di belakang untuk istirahat, apalagi saya dalam keadaan kurang fit, nanti pukul 04:00 baru kembali piket di depan,” jelasnya.

Staf Dinas Kesehatan, Sarce menjelaskan dirinya orang pertama masuk kantor, sekira pukul 07:30 wita, Selasa 2 Agustus. Ia kemudian membuka ruang keuangan Dinkes setelah mengambil kunci dari bendahara dinas.

Ia mengaku melihat meja telah berubah posisi, barang-barang di ruangan itu juga sudah berhamburan. “Saat saya masuk melihat berkas-berkas sudah berserakan di meja dan lantai, serta brangkas yang sudah terbuka lebar,” katanya.

Kapolsek Mamasa Iptu S Patalangi menjelaskan, setelah menerima laporan dari bendahara Dinkes, pihaknya langsung mengecek dan mengamankan tempat kejadian perkara (TKP).

Berdasarkan data awal, pelaku diketahui masuk ke ruangan tersebut melalui jendela ruangan kepala dinas kesehatan. “Masih dalam tahap penyelidikan bekerja sama pihak polres di bidang indentifikasi,” jelasnya.

Kepala Dinkes Mamasa, dr. Hajai S Tangga memaparkan bahwa jendela di ruangannya kerap tak terkunci. Ia pun menduga pelaku memang telah memahami seluk beluk kantor tersebut. (mg14/mkb)

To Top