Kepolisian Perketat Pengamanan PIFAF 2017 – Radar Sulbar
Polman

Kepolisian Perketat Pengamanan PIFAF 2017

Komunitas Seni Ongko, Kecamatan Campalagian menampilkan Tari Pallake pada malam puncak pra PIFAF di Alun-alun Kota Polewali. (AMRI/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Panitia Polewali Mandar Internasional Folk and Art Festival (PIFAF) memperketat pengamanan demi kelancaran agenda tahunan di Polman, Sulawesi Barat ini.

Panitia PIFAF, Kepolisian, TNI plus instansi terkait lainnya melakukan pembahasan khusus. Dihadiri Karo Ops Polda Sulbar Kombes Pol Yohannes Soeharmanto, Kapolres Polman AKBP Hanny Andhika Sarbini, perwakilan Kodim 1402 Polmas, Satpol PP dan Dishub.

“Mulai dari petugas parkir harus lebih diperbanyak, di setiap pintu juga petugas harus ditambah, begitupun pengamanan untuk peserta harus lebih banyak ditugaskan untuk keamanan mereka,” terang Yohannes.

Pihak Polda akan melakukan pemantauan langsung ke lokasi pelaksanaan event budaya internasional ini, sebelum menerapkan pola pengamanan. Sehingga PIFAF 2017 berjalan lancar dan sukses.

Hanny mengapresiasi Pemkab Polman mengenalkan budaya Indonesia ke dunia internasional melalui pagelaran PIFAF. Ia berharap pihak panitia bisa bekerjasama dan koperatif dalam hal keamanan dan ketertiban.

Menurutnya, ancaman teroris patut diwaspadai sebab negara negara peserta PIFAF adalah negara tujuan ISIS. “Negara seperti Spanyol, Belanda, Maroko, Slovakia, Hongkong, China, Thailand, dan Prancis adalah negara tujuan ISIS, hal ini butuh perhatian serius,” ujar Hanny.

Apalagi, ISIS tak hanya melakukan pola teror bom langsung, juga pola menabrakkan truk, seperti yang telah terjadi pada negara Prancis, beberapa waktu lalu.

“Polda Sulbar dan Polres Polman sudah siap mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan di PIFAF. Diminta atau tidak di pra PIFAF kita sudah melakukan pengamanan tertutup di sejumlah titik. Karena tingkat kerawanannya sangat tinggi,” terang Hanny.

Ketua Panitia, Mustari Mula mengaku akan bekerja sama demi kelancaran acara. “Insya Allah kita akan penuhi masukan tersebut. Karena ini sudah menjadi protap standar kepolisian dalam hal menjaga keamanan,” terangnya. (arf/mkb)

To Top