Piala Adipura Kandas, Polman Dapat Sertifikat – Radar Sulbar
Polman

Piala Adipura Kandas, Polman Dapat Sertifikat

TPA Sampah Desa Amola Kecamatan Binuang, Polman, masih perlu pembenahan. (Amri/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Tahun ini, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat harus puas dengan Sertifikat Adipura. Target Piala Adipura harus terunda lantaran beberapa kendala.

Dewan Adipura Nasional menilai penanganan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Amola yang ada di Polman, masih perlu dibenahi.

“Tanggal 2 Agustus mendatang saya diundang ke Jakarta oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menerima Sertifikat Adipura. Sebenarnya target kita pialanya, tetapi tahun ini belum dan Insya Allah atas dukungan dan partisipasi semua elemen masyarakat Polman kita pasti bisa meraih Piala Adipura,” terang Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar.

Penghargaan ini merupakan kali kedua bagi Polman. Bupati meminta masyarakat untuk tak bosan menjaga lingkungan. Pria yang akrab dengan akronim ‘AIM’, berharap semua elemen di Polman dapat bersama sama menciptakan kebersihan, keindahan dan menjaga lingkungan tetap lestari.

“Sebenarnya tahun ini kita berpeluang mendapatkan piala. Karena nilai verifikasi tinggal membutuhkan dua poin untuk memenuhi syarat. Kita butuh kerja keras dan gerakan masif mengatasi semua masalah lingkungan. Kita tetap bersemangat untuk berbuat maksimal agar tahun depan Piala Adipura sudah bisa diraih,” papar Koordinator Tim Adipura Polman, Darwin Badaruddin.

Dijelaskan, saat verifikasi P1, TPA Amola mendapatkan poin 74 dengan beberapa kekurangan. Termasuk belum adanya pagar dan infrastruktur pendukung seperti pos jaga dan jembatan timbang.

“Kita akan benahi TPA karena memiliki nilai bobot yang tinggi dalam penilaian adipura. Termasuk pembuatan pemanfaatan gas metan tahap pertama di TPA. Saat ini instalasi pengelolaan gas metan di TPA sementara dibangun. Jika ini sudah jadi maka akan mendongkrak nilai verifikasi P1 nantinya,” tambah Asisten Ekbang ini. (mkb)

To Top