Limbah Pabrik Sawit Ganggu Warga – Radar Sulbar
Matra

Limbah Pabrik Sawit Ganggu Warga

RDP Komisi III DPRD Matra dengan pihak terkait, membahas limbah pabrik sawit, Rabu. (aspar/rdr)

RADARSULBAR.CO.ID — Komisi III DPRD Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat meminta penjelasan terkait dugaan polusi yang ditimbulkan PT. Toscano Indah Pratama, pabrik sawit yang beroperasi di daerah ini.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Rabu, dewan juga mengundang Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Matra. Anggota komisi III banyak menyorot limbah perusahaan yang menimbulkan bau menyengat hingga ke pemukiman warga.

“Diantara izin yang harus dimiliki untuk melegalkan suatu pabrik, diantaranya harus memiliki izin pembangunan limbah cair, terus izin pembangunan tempat pembuangan limbah bahan, bau dan beracun (LB3). Nah, apakah semua izin ini telah dimilik oleh PT. Toscano?” tanya Ketua Komisi III Yani Pepy Adriani.

Pihak BLHD Matra mengklaim, PT. Toscano telah memenuhi semua ketentuan. Mulai dari izin operasional, izin lingkungan, serta dokumen Amdalnya. Kecuali soal limbah.

Perusahaan yang memiliki pabrik berkapasitas 60 ton perjam itu, secara khusus belum memiliki izin pembuangan limbah. “PT. Toscano sampai saat ini belum memiliki izin, pembuangan tempat limbah cair dan limbah padat,” ungkap Kabid Pengendalian Pencemaran BLHD Matra, Andi Akmal. (mg10/nur)

To Top