Pelayanan RSUD Matra Lumpuh – Radar Sulbar
Matra

Pelayanan RSUD Matra Lumpuh

Ketua Komisi I DPRD Matra Irfandi Yaumil, saat ikut memantau kebutuhan oksigen pasien di RSUD Matra, saat pemadaman listrik, Senin malam. (aspar/rdr)

RADARSULBAR.CO.ID — Pemadaman listrik membuat pelayanan di RSUD Mamuju Utara (Matra) Provinsi Sulawesi Barat, lumpuh total, Senin malam lalu. Kondisi ini bahkan bertahan hingga satu jam lebih.

Membuat sejumah peralatan kesehatan tak berfungsi, suasana kamar rawat inap menjadi pengap karena pendingin udara tak berfungsi. Pasien pun semakin tak nyaman. Beruntung, tak ada kegiatan operasi pasien.

“Terpaksa saya kipas manual ini bapak ku pak, karena pendingin udaranya mati, seharusnya di RSUD ini ada genset cadangan, tidak hanya mengandalkan aliran listrik PLN. Kalau seperti ini kondisinya bahaya bagi pasien,” keluh salah seorang kelurga pasien di RSUD Matra, yang enggan disebutkan namanya.

Direktur RSUD Matra, Munawir Usman, belum bisa dikonfirmasi terkait hal ini. Sebenarnya, RSUD Matra memiliki mesin genset, namun sudah tidak dapat digunakan sejak 2013 silam.

Pengadaan genset baru pun dilakukan tahun ini, namun lagi-lagi tak dapat digunakan dengan alasan kekurangan peralatan pendukung.

“Suda ada dua mesin baru itu pak, kapasitasnya cukup besar, tapi belum bisa digunakan, karena kabel pendukung belum ada,” terang salah seorang teknisi di RSUD Matra.

Prev1 of 2

To Top