Limbah di Manakarra Fair – Radar Sulbar
Radar Metro

Limbah di Manakarra Fair

Komunitas pecinta lingkungan Kalangkari House, membuat gerbang Manakarra Fair, Rabu. (SAHARUDDIN/RDR)

RADARSULBAR.CO.ID — Barang bekas pakai dari limbah rumah tangga bakal menghiasi pelaksaan Manakarra Fair pada penghelatan HUT ke-477 Kabupaten Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Mamuju, Sahari Bulan mengatakan, ide pertunjukkan barang bekas itu berasal dari Disbudpar.

“Memang ide kami. Semua kreatifitas yang berasal dari daerah ini kami upayakan ditampilkan. Tetapi untuk lebih jelasnya bisa menghubungi pengelenggaranya,” kata Kepala Disbudpar Mamuju, Sahari Bulan via telepon, belum lama ini.

Manager Event Organizer Emefsi, Veronica Wijaya mengungkapkan, ada dua komunitas pecinta lingkungan yang berpartisipasi dalam bentuk Art Installation yang akan menyuguhkan pemandangan menarik yang dibuat dari barang bekas. Mereka adalah Kalangkari House dan Art Community.

“Kalangkari House yang membuat terowongan sebagai pintu masuk. Sementara Art Community membuat instalasi kebun bunga. Semuanya dari berbahan dasar barang bekas,” jelasnya.

Ide pembuatannya itu berasal dari ide kreatif yang dihimpun dari berbagai komunitas muda yang ada di daerah ini. Veronica menyebutkan dari sekian banyak ide, ditetapkanlah ide terbaik dan bisa membantu pemerintah daerah dalam menjalankan programnya.

Dengan adanya kreatifitas anak daerah, diharapkan dapat mengubah persepsi negatif masyarakat terhadap sampah yang sebenarnya bisa menghasilkan karya bernilai. (rp2/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top