Aparat Diduga Bekingi Illegal Logging – Radar Sulbar
Polman

Aparat Diduga Bekingi Illegal Logging

RADARSULBAR.CO.ID — Penjarahan kayu di kawasan hutan lindung Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat marak dalam sebulan terakhir.

Sejumlah warga melaporkan setiap hari ada aktivitas penebangan kayu di kawasan hutan lindung yang terletak di Desa Batetangnga Kecamatan Binuang tersebut. Diduga aksi ini melibatkan oknum aparat, termasuk dari polisi kehutanan.

“Sejumlah orang dari luar Desa Batetangnga datang ke tempat kami di Dusun Galung dan Pamutu untuk menebang kayu di kawasan hutan. Mereka diduga dibekengi aparat sehingga berani menebang kayu di kawasan hutan. Kemudian kayu jenis uru berbetuk bantalang disimpan dipinggir jalan sebelum diangkut mobil pak,” ujar salah seorang warga Batetangnga yang enggan disebutkan namanya.

Pihaknya sudah melaporkan ke pemerintah desa dan pihak kehutanan tetapi aksi tersebut masih terus berlangsung. Bahkan beberapa hari lalu truk pengakut kayu mengalami kerusakan di Dusun Galung.

Masyarakat sangat resah dengan aktivitas tersebut, karena menyisakan kerusakan lingkungan yang dapat berdampak buruk bagi warga setempat.

“Kalau masyarakat setempat yang tebang kayu di kawasan langsung ditindaki. Tetapi ini ada warga dari luar kesan ada pembiaran,” tuturnya.

Prev1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top