Petani Soroti Kinerja Tim Terpadu Konflik Lahan Matra – Radar Sulbar
Matra

Petani Soroti Kinerja Tim Terpadu Konflik Lahan Matra

Abdul Jabbar

RADARSULBAR.CO.ID — Konflik lahan perkebunan antara perusahaan sawit raksasa dan rakyat di Mamuju Utara (Matra) sepertinya akan berlarut-larut.

Masalah tersebut kini dalam penanganan tim terpadu bentukan pemerintah pusat. Sayangnya, tim ini bekerja tak transparan.

Salah satu kelompok masyarakat yang berkonflik, mengaku kecewa. Sebab, peninjauan lapangan yang dilakukan anggota tim terpadu berlangsung secara tertutup, tidak melibatkan petani yang merasa menjadi korban.

Padahal, saat rapat bersama sebelumnya di Mamuju, telah terbangun kesepakatan bersama, tentang pelibatan pihak-pihak yang berkonflik. Termasuk perwakilan petani.

“Semenjak pertemuan di Mamuju itu, kami tidak pernah lagi dilibatkan, padahal kami juga ingin tahu sekarang sudah sejauh mana perkembanganya. Kalau tidak melibatkan masyarakat, bagaimana mereka tahu titik-titik lokasi yang disengketakan. Makanya sekarang kami ngambang, jangan-jangan tim terpadu ini sudah masuk angin,” ujar Abdul Jabbar perwakilan petani, kemarin. (nur)

Click to comment
To Top