Cegah Penipuan, Dinsos Gelar Sosialisasi PSDBS – Radar Sulbar
Radar Metro

Cegah Penipuan, Dinsos Gelar Sosialisasi PSDBS

Sekretaris Dinsos Sulbar, Muhammad Arif, menyampaikan sambutan pada sosialisasi PPSDBS di d'Maleo Hotel Mamuju, Rabu 10 Mei 2017. (DARMAN/rs)

RADARSULBAR.CO.ID — Akhir-akhir ini banyak ditemukan kasus penipuan, secara langsung maupun tidak langsung. Berupa permohonan sumbangan dalam bentuk barang atau uang oleh yayasan maupun lembaga tertentu tanpa izin. Adajuga penipuan melalui sms dan telpon selular.

Pemahaman perusahaan tertentu dalam melaksanakan undian gratis berhadiah, juga masih minim, menyebabkan penyelenggaraannya tidak sesuai regulasi. Olehnya, Dinas Sosial (Dinsos) Sulbar menggelar sosialisasi program Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS), di Mamuju, Rabu 10 Mei. Sedikitnya 50 orang dari berbagai perusahaan hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Sekretaris Dinsos Sulbar, Muhammad Arif mengatakan, PSDBS diperlukan untuk penataan dan penertiban pengelolaan sumber dana bantuan sosial yang dilakukan oleh masyarakat, terutama Undian Gratis Berhadiah (UGB) dan Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) serta peningkatan mutu pengelolaan sumber dana hibah dalam negeri dalam bentuk sosial menuju tercapainya tata pemerintahan yang baik.

Dalam upaya penanganan penertiban administrasi penyelenggaraan UGB dan PUB, pemerintah telah menetapkan UU Nomor 22 Tahun 1945 dan UU Nomor 9 Tahun 1961 tentang pengumpulan uang atau barang, yang ditegaskan pada UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial.

“Kami berharap seluruh warga terlebih pemerintah setempat dari tingkat RT/RW, Desa, kecamatan dan kabupaten selalu mewaspadai modus penipuan. Termasuk kesigapan pengawasan dari petugas kepolisian maupun penyidik PNS bidang undian perlu ditingkatkan,” ujar Arif, saat menyampaikan sambutan.

Arif menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan agar terwujudnya pemahaman yang bersinergis dalam program atau kegiatan UGB dan PUB, baik bagi petugas, penyelenggara UGB dan PUB maupun masyarakat. Selain itu, diharapkan dapat terinformasikannya penyaluran bantuan hibah dalam negeri dan usaha kesejahteraan sosial yang dilaksanakan didaerah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya berharap peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga bisa mengenal lebih jauh tentang mekanisme serta peraturan UGB dan PUB agar dapat mencegah kasus penipuan yang terjadi dimasyarakat,” harapnya. (ian/jsm)

To Top