Sengketa Lahan Rakyat vs Perusahaan, Tim Pusat Bikin Pertemuan Rahasia – Radar Sulbar
Matra

Sengketa Lahan Rakyat vs Perusahaan, Tim Pusat Bikin Pertemuan Rahasia

Masyarakat yang terlibat konflik kontra perusahaan besar di Matra, berusaha bertahan dengan membangun pondok di lokasi sengketa. (hasnur/radarsulbar)

RADARSULBAR.CO.ID, MATRA — Tim terpadu, penyelesaian sengketa lahan, bentukan Kemenkopolhukam, akhirnya menyambangi Matra dan bertemu sejumlah pejabat daerah.

Sayang, pertemuan di ruang pola kantor bupati Matra, berlangsung tertutup. Tak banyak informasi terkait upaya-upaya apa saja yang akan dilakukan tim terpadu. Bahkan wartawan yang hendak mengambil gambarpun tidak diperkenankan.

Adapun agenda utama pertemuan adalah membahas upaya-upaya penyelesaian sengketa lahan yang melibatkan masyarakat dan perusahaan sawit yang beroperasi di kabupaten paling utara Sulawesi Barat.

Berdasarkan informasi dari legislator Matra Ikram Ibrahim, tim terpadu hanya memaparkan langkah-langkah yang akan diambil. Diantaranya, bakal melakukan pengkuran ulang HGU (hak guna usaha).

Tim terpadu juga memperlihatkan kepada peserta yang hadir peta HGU PT. Unggul Widya Teknologi Lestari (UWTL), walaupun masih berupa citra satelit.

“Saya pikir ini berbeda dengan kerja-kerja pansus (panitia khusus) bentukan DPRD Matra. Karena endingnya, akan melakukan pengukuran ulang. Walaupun kami juga belum tahu pasti, kapan itu akan dilakukan” terang Ikram yang turut serta dalam pertemuan.

Wakil Bupati Matra Muhammad Saal, menyebut bahwa Pemkab Matra hanya sebatas memfasilitasi tim penyelesaian sengketa lahan, dengan pihak yang bersengketa, supaya ada titik temunya.

“Saya berharap penyelesaian antara pihak perusahaan dan masyarakat ini, bisa selesai dengan cepat dan membawa keuntungan bersama. Saran saya, perusahaan yang masuk ke daerah ini, harus membawa payung besar, supaya semua orang bisa dinaunginya, dalam artian siapapun yang memenangkan sangketa itu, tetap bisa menjalin kerjasama,” pungkasnya. (mg10/nur)

Click to comment
To Top