Penolakan Tanggul Palippis, Bupati: Kami Serba Salah – Radar Sulbar
Polman

Penolakan Tanggul Palippis, Bupati: Kami Serba Salah

Andi Ibrahim Masdar

RADARSULBAR.CO.ID, POLMAN — Polemik pembangunan tanggul di Palippis Desa Bala Kecamatan Balanipa, Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, terus menggelinding.

Menyikapi persoalan ini, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar (AIM) mengaku kebingungan. Pekerjaan senilai Rp12 M lebih itu merupakan kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Sungai Sulawesi III.

Menurut bupati, usulan tanggul tersebut dari warga sendiri, karena setiap tahun ada 30 meter abrasi pantai. Tahun lalu dari bibir pantai ke jalan beton sekira 50 meter, sekarang sisa tiga meter.

“Kami serba salah di tanggul ada warga protes, sementara sisi lain ada juga warga minta ditangani secepatnya abrasi tersebut,” terang AIM.

Dari tujuh pemilik lahan yang akan dilalui pembangunan tanggul, hanya satu yang setuju yakni; Abd Rasak alias Pua Kamal. Empat lainnya terang-terangan menolak yakni Tasrif, Aco Syamsuddin, Aco Muhiddin, dan Aco Jalaluddin. Sisanya, dua orang belum bersikap.

Sementara, salah satu pekerja tanggul Junaedi mengaku kurang paham dengan persoalan pembuatan tanggul di Palippis. “Kami hanya menuruti perintah dari Balai dan pelaksana proyek untuk mengelolah. Kami tidak tahu masalahnya apa dan bagaimana,” sebutnya. (mg11/mkb)

Click to comment
To Top