Mesti Bijak Hadapi Penolakan Tanggul Palippis – Radar Sulbar
Radar Metro

Mesti Bijak Hadapi Penolakan Tanggul Palippis

Alat berat siap membangun tanggul di Pantai Palippis Desa Bala Kecamatan Balanipa, Polman. (MABRUR/RADAR SULBAR)

RADARSULBAR.CO.ID, MAMUJU — Polemik pembangunan tanggul di wilayah Pantai Palippis Kecamatan Balanipa Polman, juga mendapat atensi dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Barat, Parman Parakkasi.

Kepada Radar Sulbar, Parman menyampaikan pemerintah hadir tidak sekedar melayani kepentingan rakyat. Tetapi jauh dari itu, adalah hadir sebagai pendamping, motivator, fasilitator dan protektor untuk membawa rakyat ke kesejahteraan dan kemakmuran.

Olehnya, apapun yang direncanakan dan diimplementasikan mesti rohnya adalah untuk kepentingan rakyat. “Maka jikalau ada riakriak di masyarakat karena beda paradigma, segera kita harus menjadi bagian dari solusi,” sebutnya.

Terkait polemik pembangunan tanggul, sebut Parman, sudah jelas peruntukannya adalah mencegah abrasi pantai maupun banjir rob yang merugikan warga. Sudah jelas filosofisnya adalah upaya preventif dan long process oriented. Akan tetapi, aktivitas ini perlu juga mendengarkan suara rakyat akan manfaat dan dasar pertimbangan kegiatan tersebut.

Kalau masyarakat sudah merasakan dan jadi saksi hidup akan eksistensi Pantai Palippis untuk kepentingan pariwisata dan upaya konservasi organisme perairan seperti penyu, semua kepentingan harusnya dapat dipertemukan dengan cara bijaksana.

“Saran saya, duduk bersama diskusikan dengan kepala dingin. Dengan semangat membangun Polman dan Sulbar agar semua kepentingan dapat terakomodir,” ungkapnya. (dir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top