Layanan Posyandu Berkualitas, Kesehatan Masyarakat Meningkat – Radar Sulbar
Matra

Layanan Posyandu Berkualitas, Kesehatan Masyarakat Meningkat

Warga Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu, mengikuti pelatihan kader Posyandu, Jumat 21 April 2017. (hasnur/radarsulbar)

RADARSULBAR.CO.ID, MATRA — Pemahaman mengenai kesehatan harus banyak ditanamkan kepada para kader Posyandu di daerah. Terutama pada wilayah pelosok.

Demikian penuturan Kepala Dinas Kesehatan Mamuju Utara (Matra), dr. Alief Satria, menyikapi pelatihan kader Posyandu se Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu, Jumat 21 April. Kata dia, serupa mesti dilakukan semua Posyandu.

“Kader Posyandu inikan, dari masyarakat, untuk masyarakat, dan oleh masyarakat. Ketika kader Posyandu bekerja dengan baik, maka tidak akan ditemukan kasus gizi buruk, karena aspek preventif pasti bekerja. Kasus kekurangan suplemen pada ibu hamil juga tidak akan terjadi, karena semua sudah terpantau sejak awal,” terangnya.

Agenda ini digagas pihak perusahaan perkebunan sawit, PT. Tanjung Sarana Lestari (TSL) yang merupakan anak perusahaan PT. Astra Agro Lestari (AAL), bekerja sama Dinkes  Matra, Provinsi Sulawesi Barat.

CDAM PT. AAL area C1, Budi Sarwono, menyampaikan, pelatihan fokus pada upaya meningkatkan pemahaman tentang tindakan medis. Harapannya, pelayanan di Posyandu bisa semakin baik dan dapat dilaksanakan secara mandiri.

“Kalau pelayanan di Posyandu semakin baik, maka tentu tingkat kesehatan masyarakat juga bisa semakin meningkat. Peningkatan kesehatan masyarakat ini, wujud dari kepedulian perusahaan dalam bidang kesehatan” ujarnya. (nur/rul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top