Bertahun-tahun Digodok, RTRW Mamuju Belum Jelas – Radar Sulbar
Radar Metro

Bertahun-tahun Digodok, RTRW Mamuju Belum Jelas

Salah satu ikon Kota Mamuju, Sulawesi Barat. (chaerul/radarsulbar)

RADARSULBAR.CO.ID, MAMUJU — Bertahun-tahun berproses di DPRD Mamuju, Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, belum juga rampung.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Mamuju, Syamsuddin, menggadang-gadang Ranperda itu rampung bulan ini. Dari sekira 100 pasal, 14 diantaranya sudah dibahas. Berarti tersisa 86 pasal yang mesti dikebut dalam dua pekan.

“Olehnya saya meminta keseriusan eksekutif dan legislatif menyelesaikan pembahasan Ranperda ini. Mungkin satu sampai dua kali pembahasan lagi. Jadi paling lambat awal Mei ranperda RTRW ini selesai,” ujar Syamsuddin, via telepon, Jumat.

Ada banyak regulasi yang bergantung pada RTRW, termasuk pencaplokan Pulau Balabalakang oleh Kalimantan Timur (Kaltim). Setelah pembahasan rampung, akan dikoordinasikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Direktorat Jenderal Penataan Ruang. “Setelah proses itu selesai Ranperda RTRW baru bisa disahkan menjadi perda” jelasnya.

Ditanya soal proses penyusunan Ranperda RTRW yang begitu lama, Syamsuddin mengaku ada beragam kendala seperti peta, batas wilayah dan aspek kajian lainnya.

Kepala Badan Perencaan Penelitian dan Pengembangan (Bappepan) Mamuju, Rachmat Thahir, megaku sudah mengusulkan berkas tambahan ke DPRD untuk melengkapi Ranperda RTRW.

Dia menunggu undangan selanjutnya untuk pembahasan. “Kami sisa menungu saja jadwal pembahasan bersama DPRD,” jelasnya. (rp2/jsm)

Click to comment
To Top