Gandang Dewata, Modal Besar Optimalkan SDA – Radar Sulbar
Mamasa

Gandang Dewata, Modal Besar Optimalkan SDA

RADARSULBAR.CO.ID, MAMASA — Sulawesi Barat akhrinya memiliki taman nasional, yaitu; Gunung Gandang Dewata di Mamasa. Secara resmi dirilis oleh Pj Gubernur Sulawesi Barat Carlo B. Tewu.

Setelah launching ini nantinya akan disusun agenda untuk deklarasi Taman Nasional Gandang Dewata oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Perwakilan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian LHK, Listia Kusuma Wardani menyampaikan kawasan ini melindungi status perlindungan terhadap kawasan yang bernilai konservasi tinggi dibeberapa kabupaten yang ada di Sulbar.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah atas peran aktifnya mewujudkan pembentukan Taman Nasional Gandang Dewata. Ini merupakan ke-53 yang ada di Indonesia,” jelasnya.

“Pembentukan ini bukanlah tujuan akhir karena selain anugrah dari tuhan ini juga merupakan modal yang sangat penting untuk mengoptimalkan sumberdaya hayati dan ekosistem,” tambah Listia.

Kawasan Gunung Gandang Dewata masuk dalam kawasan Wallacea. memiliki ketinggian 3.907 dpl dengan luas sekira 189.208,17 hektare. Kawasan hutannya dikategorikan ‘perawan’ karena masih jarang terjamah. (zulfadli)

To Top