Ayo Lestarikan Gandang Dewata – Radar Sulbar
Mamasa

Ayo Lestarikan Gandang Dewata

Launching taman nasional Gunung Gandang Dewata di Mamasa, Sulbar. (zulfadli/radarsulbar)

RADARSULBAR.CO.ID, MAMASA — Kawasan Gunung Gandang Dewata Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, telah dirilis sebagai taman nasional. Selanjutnya, bagaimana mengelola dan melindungi kawasan ini agar visi dan misi pembentukan taman nasional tercapai.

Bupati Mamasa, Ramlan Badawi mengatakan kesyukurannya atas pencapaian ini. Menurutnya, akan menjadi berkah bagi masyarakat Mamasa.

“Penetapan Gandang Dewata sebagai taman nasional di Indonesia, bisa terwujud berkat kerja sama semua pihak,” jelasnya saat Launching taman nasional Gandang Dewata di Mamasa, kemarin.

Selanjutnya, kata Ramlan, keberlangsungan pemanfaatan sumber daya ini tak akan maksimal tanpa dukungan semua pihak, utamanya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Untuk dapat memajukan Taman Nasional Gandang Dewata. Dan kami berharap Taman Nasional Gandang Dewata bisa diresmikan langsung oleh Presiden RI,” harap Ramlan.

Gunung Gandang Dewata masuk dalam kawasan Wallacea. memiliki ketinggian 3.907 dpl dengan luas sekira 189.208,17 hektare. Kawasan hutannya dikategorikan ‘perawan’ karena masih jarang terjamah.

“Saya berharap launching ini dapat memberikan kesamaan persepsi dan pemaham untuk menjaga kelestarian hutan serta mengembangkan potensi ekosistem yang ada dikawasan taman nasional. Termasuk peran serta seluruh stakeholder untuk menjaganya,” ujar Pj Gubernur Sulbar, Carlo B. Tewu saat merilis taman nasional ke-53. (mg14/mkb)

To Top