Tagana Muda Diminta Siaga 24 Jam – Radar Sulbar
Mamuju

Tagana Muda Diminta Siaga 24 Jam

Kepala Dinsos Sulbar, Kaharuddin menyapaikan arahan kepada peserta Tagana Muda di pesisir Tapandullu Mamuju, Jumat 10 Maret 2017. (darman/radarsulbar)

 

SIMBORO, RADAR SULBAR — Dinas Sosial (Dinsos) Sulawesi Barat menggelar pelatihan pemantapan taruna siaga bencana (Tagana) muda di Pantai Wisata Hotel Berkah Tapandullu Mamuju, Jumat, 10 Maret.

Peserta pelatihan terdiri dari lima orang utusan masing-masing kabupaten se-Sulbar dan 20 utusan provinsi dari latar belakang organisasi berbeda.

Ketua Pelaksana, Amrin Sulo menjelaskan Dinsos Sulbar pada bagian perlindungan dan jaminan sosial turut berupaya mewujudkan penyiapan personil penanggulangan bencana yang berasal dari masyarakat melalui serangkaian kegiatan pembekalan personel penanggulangan bencana dalam bentuk pemantapan simultan.

Kepala Dinsos Sulbar, Kaharuddin melihat kondisi geografis Indonesia memang rentan bencana. Olehnya, kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana harus senantiasa ditingkatkan.

“Pelatihan Tagana ini diamksudkan untuk memaksimalkan penanganan bencana secara dini kaena dengan pelatihan ini diharapkan akan terbentuk tagana yang terlatih, cerdas, tangkas dan berfikir kemasyarakatan dalam penanggulangan bencana. Untuk itu kapada para Tagana diminta untuk selalu siaga 1×24 jam dan selalu berkoordinasi dengan pihak berwajib,” ujar Kaharuddin saat memberikan arahan.

Sebagaimana yang diketahui, lanjut Kaharuddin, upaya penanganan bencana bukan hanya berkaitan dengan pemberian bantuan melainkan dalam pengertian bahwa penanganan bencana harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan tuntas.

“Saya juga berharap agar peserta tagana muda mempunyai pemahaman sama mengenai penanganan bencana karena penanganan bencana merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Sehingga harus dilaksanakan secara terpadu, terkoordinir dan tuntas,” tutup Kaharuddin. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top