Sikapi Kerusakan Lingkungan Bersama Pihak Universitas – Radar Sulbar
Matra

Sikapi Kerusakan Lingkungan Bersama Pihak Universitas

DPRD Matra menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan sejumlah SKPD terkait kerusakan lingkungan di Matra, Jumat 10 Maret 2017. (hasnur/radarsulbar)

 

 

 

PASANGKAYU, RADAR SULBAR — Masalah kerusakan lingkungan di Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, mendapat tanggapan serius dari DPRD Matra.

Lembaga perwakilan rakyat ini berencana menggandeng ahli lingkungan dari kalangan universitas untuk investigasi lebih dalam. Langkah serius ini juga sebagai tindak lanjut kunjungan DPRD Matra ke sejumlah perusahaan di Matra.

Ketua DPRD Matra Lukman Said menyampaikan, perlu melibatkan akademisi dalam investigasi, agar kesimpulan yang dihasilkan merupakan kajian ilmiah sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

“Ada dua rencana universitas yang kami sasar, Institut Pertanian Bandung (IPB) atau Universitas Tadulako (Untad). Mereka alatnya lengkap. Saya tidak main-main menindaklanjuti kerusakan lingkungan di Matra,” tegas Ketua Umum Adkasi ini, Jumat 10 Maret.

Investigasi lingkungan ini selambatnya di mulai akhir bulan ini. Bukan hanya terkait matinya pohon mangrove di Tanjung Baku Kelurahan Pasangkayu Kecamatan Pasangkayu, tapi juga kerusakan lingkungan massif lainnya di Matra.

“Yang kami investigasi kerusakan lingkungan yang sudah terjadi. Sementara untuk langkah pencegahan, kami minta instansi terkait lebih proaktif menumbuhkan kesadaran masyarakat maupun korporasi tentang pentingnya menjaga kelestarian alam ini,” pungkasnya. (**)

To Top