Tumbuhkan Kecintaan atas Budaya Daerah – Radar Sulbar
Ragam

Tumbuhkan Kecintaan atas Budaya Daerah

KEPALA UPTD Museum Sulbar, Jamal Abdullah memberikan sambutan sekaligus membuka bimtek di Mamuju, Kamis, 2 Maret 2017. (foto:darman/radarsulbar)

 

MAMUJU, RADAR SULBAR — Berbicara masalah museum di Indonesia, Provinsi Sulawesi Barat masih tertinggal. Salah satu penyebabnya adalah kompetensi di bidang permuseuman masih sangat minim.

Olehnya, UPTD Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulawesi Barat terus berupaya melakukan peningkatan kapasitas pengelola museum di Sulbar yang diharap akan menjawab permasalahan kompetensi tersebut.

“Dengan mempelajari teknis bimbingan pengolahan Museum, kami mengharapkan kiranya kompetensi pengelola museum dapat terpenuhi,” jelas Kepala UPTD Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulbar, Jamal Abdullah dalam pembukaan bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan museum tingkat dasar dan lanjutan di Mamuju, Kamis.

Dijelaskan, sudah banyak kegiatan dilaksanakan UPTD Museum Sulbar untuk meningkatkan kompetensi pegawai pengelola museum, seperti membawa pegawai pengelola museum berkunjung ke Daerah Jawa yang memiliki pengelolaan museum dengan baik, seperti Jakarta, Bogor dan lainnya.

Ketua Panitia, Hj. Nurcahyani mengatakan, bimtek untuk memperoleh informasi tentang kebudayaan daerah, menumbuhkan semangat kecintaan terhadap nilai-nilai budaya daerah dan nusantara, mengundang peserta agar mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya sebuah museum sebagai identitas daerah serta untuk memperoleh pengetahuan tentang warisan sejarah di Indonesia.

“Bimtek ini juga bertujuan memberikan pemahaman dan pendidikan terhadap masyarakat mengenai pentingnya pelestarian warisan budaya bangsa. Bimtek ini diikuti sebanyak 30 orang pengelola museum dari enam Kabupaten se-Sulbar,” jelas Nurcahyani. (*)

Click to comment
To Top