Dinsos Sulbar Rumuskan Upaya Pencegahan Konflik – Radar Sulbar
Mamuju

Dinsos Sulbar Rumuskan Upaya Pencegahan Konflik

SOSIALISASI program direktorat perlindungan sosial korban bencana sosial di Hotel Berkah Mamuju, Kamis 2 Maret. (foto:darman/radarsulbar)

 

MAMUJU, RADAR SULBAR — Dinas sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Barat, menggelar sosialisasi program direktorat perlindungan sosial korban bencana sosial di Hotel Berkah Mamuju, Kamis 2 Maret.

Ketua Panitia Sosialisasi, Udin Alimuddin mengatakan, akhir-akhir ini di Indonesia sering terjadi konflik sosial yang menghancurkan banyak hal. Diantaranya ikatan kekerabatan, kekeluargaan, persaudaraan dan seringkali konflik yang terjadi disertai dengan jatuhnya korban jiwa, harta dan sebagainya.

Jika penanganannya tidak dilakukan secara sistematis dan terencana, bisa membuat konflik berkepanjangan dan. “Olehnya, dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan adanya rumusan bahan yang berkaitan dengan penanganan bencana sosial. Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan pentingnya penanganan bencana sosial sejak dini, membuat suatu rumusan bahan yang berkaitan dengan penanganan bencana sosial serta tertanganinya bencana sosial secara baik,” ujar Alimuddin.

Kasi Bencana Alam Dinsos Sulbar, Amri Sulo mengatakan, Indonesia terdiri dari berbagai keberagaman suku seperti Jawa, Batak, Minang, Dayak, Madura, Makassar, Bugis, Mandar dan sebagainya. Selain itu juga terdapat kelompok pendatang minoritas seperti Tionghoa, India dan Arab.

Juga terdapat lima agama besar yang diakui oleh pemerintah Indonesia yaitu Islam, Kristen, Khatolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu. Keberagaman tersebut menggambarkan keunikan Indonesia sebagai masyarakat pluralis. Namun di sisi lain, keberagaman ini menjadi rentan jika masyarakat multi kultur seperti ini tidak dikelola secara komprehensif. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top