Tim ABM-Enny Kaji Temuan Money Politic – Radar Sulbar
Mamuju

Tim ABM-Enny Kaji Temuan Money Politic

MAMUJU, RADAR SULBAR — Dugaan pelanggaran pemilukada berupa aksi money politic jelang pencoblosan Pilkada serentak di Sulawesi Barat yang ditangkap dalam beberapa hari terakhir, jadi perhatian serius tim Paslon ABM-Enny.

Kepada Radar Sulbar via BlackBerry Messenger (BBM), Kuasa Hukum ABM-Enny, Hatta Kainang menyampaikan, pihaknya tengah melakukan kajian dan telaah terhadap temuan atau laporan yang terindikasi melakukan praktik jual beli suara atau money politic tersebut.

Itu terkait dengan pasal 73 ayat 1 dan Unfang-undang (UU) nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, yang jelas memberi kewenangan kepada Bawaslu provinsi melakukan pemberian sanksi admininstrasi berupa proses diskualifikasi terhadap calon terkait money politic.

Menurut Hatta, sanksi ini jelas dan tentunya proses ini tidak menunggu proses peradilan. Hal yang terpisah dengan proses administrasi, kewenangan bawaslu jelas tertuang dalam peraturan bawaslu nomor 13 tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Pelanggaran Admininstrasi terkait larangan memberikan atau menjanjikan uang atau materi lainnya secara terstruktur sistimatis dan masif dalam pemilihan bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur.

“Kami lagi menilai apakah peristiwa money politic yang terjadi di Mamasa, Majene, Polman dan Mamuju terpenuhi unsur TSM (terstruktur, sistematis dan massif,red),” ungkapnya. (red)

Click to comment
To Top