Negara Eropa Siapkan Ruang untuk Sandeq – Radar Sulbar
Ragam

Negara Eropa Siapkan Ruang untuk Sandeq

MAMUJU, RADAR SULBAR — Sandeq, Perahu asal Mandar, Sulawesi Barat, kembali akan diundang ke Eropa, tepatnya Belgia. Hal tersebut diinformasikan oleh Muhammad Ridwan Alimuddin, peneliti kebaharian Mandar, kemarin.

“Saya ditelepon pihak Kementerian Kebudayaan. Saya dan Horst diminta ke Jakarta untuk mempresentasikan jenis perahu yang akan diusung ke sana, selain Sandeq juga jenis perahu pajala yang dibuat di Bulukumba,” terang Ridwan.

Informasi prihal rencana mengundang sandeq ke Belgia juga dikemukakan Abdul Rahman Hamid, mahasiswa S3 Universitas Indonesia (UI) yang sedang meneliti peran perahu Mandar dalam perdagangan maritim lampau. “Tadi ini kita rapat bersama pihak Museum Nasional Indonesia di Jakarta,” kata Abdul Rahman Hamid via telepon.

Menurut Ridwan, akhir tahun 2017 akan didakan pameran maritim di Belgia. Indonesia diundang untuk berperan di sana. Rencana sandeq Raja Laut, salah satu jenis sandeq penangkap ikan yang pernah dipakai berlomba di Sandeq Race akan dibawa ke sana. Pihak panitia mengharapkan ada perahu yang bisa dilayarkan. Sandeq adalah puncak evolusi perahu bercadik Austronesia.

“Pembuatan perahu di Tana Beru Bulukumba itu menarik. Bisa dikatakan satu-satunya kawasan di Austronesia yang mana tradisi pembuatan perahu kayu masih berlangsung, sejak 1000 tahun lalu sampai sekarang,” jelas Horst di Makassar lewat sambungan telepon.

Dan diundangnya sandeq ke Eropa untuk kemudian diapresiasi. Ini adalah peristiwa ketiga. Pertama tahun 1996 di Prancis, berikutnya 2013 di negara sama. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top