Verifikasi Asuransi Nelayan Harus Obyektif – Radar Sulbar
Radar Metro

Verifikasi Asuransi Nelayan Harus Obyektif

MAMUJU, RADAR SULBAR — Kartu asuransi nelayan, kini trend di kalangan masyarakat Sulawesi Barat, sejak bergulirnya program tersebut masyarakat mulai gencar memenuhi persyaratan untuk mendapatkan asuransi itu. Bahkan di Majene, sempat heboh lantaran masyarakat yang bukan nelayan dikabarkan juga mengurus kartu nelayan untuk bisa mendapatkan asuransi.

“Ini itu, harus betul-betul divaktualisasi. Hanya masyarakat nelayan yang bisa diberikan kartu nelayan,” ujar Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Sulbar, Parman Parakassi.

Untuk saat ini, DKP Sulbar Sudah mencetak sekira 22 ribu kartu nelayan untuk seluruh nelayan di kawasan pesisir Sulbar, 22 ribu data itu telah disampaikan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dan Secara bertahap pemilik kartu bakal diasuransikan.

“Untuk Mamuju sudah ada 500 kartu nelayan, Majene juga sekitar itu. Semua kabupaten di pesisir yang nelayannya sudah terdata secara bertahap pasti mendapatan kartu asuransi,” tambahnya.

Jika pada Tahun 2016 ini 22 ribu data nelayan itu tidak rampung diberikan asuransi, maka akan dilanjutkan pada tahun 2017. Parman mengaku, saat ini pihaknya masih terus mencetak kartu nelayan dengan harapan ke depan semua nelayan di Sulbar, mendapat kartu asuransi.

“Tetapi, kartu nelayan ini harus diperkuat, jangan sapai program asuransi itu justru sarah sasaran. Makanya perlu diferifikasi di lapangan,” imbuhnya.

Harus diingat, lanjut Parman, bahwa asuransi itu bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi nelayan saat melaut. Olehnya, diminta pada DKP kabupaten untuk terus melakukan verifikasi data nelayan. (jsm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top