Majene Punya ‘SK Smart’ – Radar Sulbar
Majene

Majene Punya ‘SK Smart’

Bupati Majene, Fahmi Massiara, menyampaikan sambutan pada launching aplikasi SK Smart, di pendopo rujab Bupati Majene, Jumat 11 November 2016. (edy/radarsulbar)

 

 

MAJENE, RADAR SULBAR — Bagian hukum Sekretariat Daerah (Setda) Majene, Sulawesi Barat. merilis aplikasi pengurusan Surat Keputusan (SK) berbasis teknologi, ‘SK Smart’. Tujuannya, mempermudah layanan SK dan peraturan bupati (Perbup) bagi kecamatan se Majene.

Menurut Kasubag produk hukum dan dokumentasi Setda Majene, Fauzan, aplikasi itu bisa diakses setiap kecamatan sehingga para camat tidak perlu datang ke Kantor Bupati Majene, sekedar memasukan dokumen permohonan penerbitan SK. cukup dengan mengupload ke server aplikasi. “Tinggal jadinya ditunggu, sudah tidak ada interaksi langsung di bagian hukum,” kata Fauzan, Jumat.

Selama ini pengurusan SK membutuhkan proses panjang, tentu saja memberatkan bagi kecamatan yang jauh dari kota Majene. Selain itu, pelayanan di kantor kecamatan juga sering terkendala karena pejabat terkait harus meninggalkan tempat, untuk urusan penyampaian dokumen.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Ketataprajaan Pemkab Majene, Rizal Muchtar, menyambut baik inovasi tersebut. Ia yakin aplikasi itu dapat membantu peningkatan pelayanan di bagian hukum maupun di kecamatan.

Terobosan itu juga akan meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk pengurusan SK. Kata Rizal, aplikasi tersebut juga akan diberlakukan di masing masing SKPD. Namun rencana itu baru akan dilaksanakan setelah Ranperda tentang organisasi perangkat daerah disahkan.

Bupati Majene, Fahmi Massiara berharap inovasi itu dapat mempercepat, mempermudah dan mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Kata, Fahmi, selama ini proses birokrasi terkesan berbelit-belit, apa lagi jika aparatur tidak cekatan melayani. Sementara pelayanan dituntut untuk cepat, tepat dan berkualitas.

“Jika kita tidak mampu melakukan inovasi, maka kita tidak akan memiliki daya saing dan kita akan semakin tertinggal,” pungkasnya. (esy/jsm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top