Gunakan Ambulance Pasien Bayar Rp1 Juta – Radar Sulbar
Mamasa

Gunakan Ambulance Pasien Bayar Rp1 Juta

ROSMIATY

 

MAMASA, RADAR SULBAR — Mendapat kabar pasien yang dibebani biaya ambulance di Puskesmas Mambi, Anggota Komisi II DPRD Mamasa, Sulawesi Barat Rosmiaty, geram.

Menurutnya, ambulance disiapkan untuk membantu pasien yang hendak dirujuk ke rumah sakit, bukan malah dibebani biaya tambahan untuk penggunaan ambulance. “Nanti kita minta SOP-nya ke Dinas Kesehatan, apakah ada yang dibebankan masyarakat ketika menggunakan ambulans, atau itu kebijakan Puskesmas”, ungkap Rosmiati.

Sebagaimana dialami warga Desa Bujung Manurung Kecamatan Mambi, Akbar. Saat ingin menggunakan ambulance, ia dimintai sewa Rp1 juta. “Saya kesal, kenapa terlalu mahal sewa ambulance. Padahal mereka diberikan pemerintah untuk pelayanan masyarakat, bukan dijadikan sebagai mobil angkutan umum”, tuturnya.

Kronologinya saat pasien itu hendak dirujuk ke Mamuju, pihak Puskesmas Mambi tak dapat menangani karena keterbatasan alat. Pihak keluarga pasien meminta ambulance untuk mengantar pasien sampai ke Mamuju.

Namun saat itu pegawai Ambulance mereka menjawab kalau mobilnya mau dipakai, silahkan bayar Rp600.000. Karena si pasien tersebut tidak punya BPJS, maka mereka diharuskan bayar lagi Rp400.000, sehingga total mereka bayar Rp 1 juta. (*)

Click to comment
To Top