Giatkan Program Ketahanan Pangan – Radar Sulbar
Mamasa

Giatkan Program Ketahanan Pangan

MAMASA, RADAR SULBAR — Demi menjamin ketahanan pangan daerah, Badan Ketahanan Pangan (Ketapang) Mamasan, Sulawesi Barat membina kelompok masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan menjadi produktif.

Kepala Badan Ketapang Mamasa Menton menjelaskan, dari 17 kecamatan di Mamasa, saat ini sudah membina lima kecamatan untuk pemanfaatan pekarangan dengan memberi stimulan berupa bibit sayur-sayuran dan tanaman jangka pendek.

Adapun wilayah yang dibina itu adalah Kecamatan Buntu Malangka (Bumal), Aralle, Mambi, Balla dan Messawa. Enam kecamatan itu semuanya diberikan bantuan stimulan, selebihnya warga sendiri yang mengembangkan tanaman yang sudah diberi pemerintah.

“Kami sudah lakukan pembinaan sejak tahun 2015 sampai saat ini. Rencananya kedepan jika anggaran ditingkatkan, maka semua kecamatan akan dibina,” jelas Menton di ruang kerjanya, Jumat 11 November.

Menton juga menjelaskan selain kelompok pemanfaatan lahan pekarangannya, juga ada program pemerintah yang saat ini sudah berjalan di Kecamatan Sesena Padang (Sespa) yang disebut kelompok kawasan Mandiri. Program tersebut akan menyasar kecamatan lain.

Ia berharap pemerintah daerah dapat merespon program Ketapang untuk dapat mempertahankan ketahanan pangan di Mamasa. Targetnya, Mamasa tidak akan mengimpor pangan lagi dari daerah lain. (gun/ham)

Click to comment
To Top