Politik

Dongkrak Partisipasi Pemilih Lewat Festival Pilgub

polman-foto-penyerahan-hadiah

Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang lomba dalam Festival Pilgub di Pantai Bahari Polewali, Kamis 11 November 2016. (arif/radarsulbar)

 

 

POLEWALI RADAR SULBAR — Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar mengelar Festival Pilgub. Malam penganugrahan festival Pilgub ini diadakan di Pantai Bahari Polewali, Sulawesi Barat Kamis 10 November malam.

Malam penganugerahan pemenang dihadiri Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah, Wakil Bupati Polman HM Natsir Rahmat, Kapolres Polman, AKBP Adiwijaya dan Kasdim 1402 Polmas, Mayor Inf Tentrem Basuki serta Ketua KPU Polman M Danial dan empat komisioner lainnya.

Ketua KPU Sulawesi Barat Usman Suhuriah mengapresiasi KPU polman. “Pelaksanaan Festival Pilgub ini satu-satunya di Sulbar. Hal inilah yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemula, utamanya para pemilih pemula”, ujar Usman.

Ia menambahkan bahwa selama ini Pilkada hanya kegiatan politik administrasi. Namun teman dari PPK PPS dan nominator yang terlibat dalam festival ini memberikan kesan berbeda. Bahwa Pilkada juga fenomena kesenian, kultural dan ini jauh lebih menyentuh.

BACA JUGA:  Polres Polman Tilang 48 Pengendara

Wakil Bupati menyampaikan bahwa festival ini adalah yang pertamakali di Sulbar bahkan mungkin di Indonesia. “Kegiatan seperti ini sangat bagus untuk menarik simpati pemilih pemula. Kegiatan ini menjadi salah satu wadah dalam menuangkan karya mereka”, tutur M Natsir.

Ketua KPU Polman M Daniel menjelaskan festival ini bagian dari sosialisasi dalam rangka Pilgub Sulbar 2017, menyasar pemilih pemula yang merupakan potensi untuk mensukseskan pemilu dan setiap tahapan perhelatan pemilu. “Kegiatan ini dilaksanakan di lima zona se-Kabupaten Polman kemudian final di Kantor KPU Polman”, tutur M Daniel.

Keberadaan pemilih pemula sangat penting karena suara mereka akan turut menjadi penentu pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar nanti. (arf/mkb)

Click to comment
To Top