Polda Mantapkan Pemetaan Pengamanan Pilgub – Radar Sulbar
Politik

Polda Mantapkan Pemetaan Pengamanan Pilgub

Pelatihan pra operasi mantap praja Polda Sulbar tahun 2017. (jasman/radarsulbar)

 

MAMUJU, RADAR SULBAR — Perhelatan pemilihan gubernur (Pilgub) Sulawesi Barat, Februari mendatang, merupakan uji petik dari kehadiran Polda Sulbar dalam hal pengamanan. Selama ini tumpuan pengamanan itu berpusat, di Polres Mamuju.

Sebagai langkah kesiapan Polda Sulbar, menggelar pelatihan pra operasi mantap praja Tahun 2017 dengan menghadirkan seluruh jajaran kepolisian pada enam Polres se Sulbar. Kegiaan itu berlangsung di aula lantai IV Kantor Gubernur Sulbar, Selasa 8 November.

Salah satu yang dibahas adalah pemetaan penempatan personil dalam pelaksanaan pengamanan Pilgub. Cara itu ditempuh dengan penempatan personil lebih banyak di titik-titik akses menuju kantor penyelenggara pemilu, KPU maupun Bawaslu Sulbar.

“Terhadap seluruh anggota yang terlibat dalam satgas (satuan tugas, red). Operasi mantap praja agar mengambil peran,” ujar Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Lukman Wahyu Heriyanto, ketika menyampaikan pengarahan.

Polres Mamuju yang berada di ibukota, menepati posisi yang sangat vital. Olehnya, ada sesi khusus simulasi Polres Mamuju. Dalam simulasi itu, diperkirakan titik kumpul masa berada pada dua tempat, yaitu simpang empat Simbuang dan depan d’Maleo Hotel and Convention Jl. Yos Sudarso.

Pada titik tersebut dilakukan pengamanan ketat dengan menempatkan personil dalam jumlah yang lebih besar dari titik-titik lainnya. Mengenai posko-posko pengamanan, Brogjen Lukman, mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini posko-posko tersebut sudah harus rampung. (jsm)

Click to comment
To Top