Jaga Drainase, Setop Penebangan Liar – Radar Sulbar
Mamuju

Jaga Drainase, Setop Penebangan Liar

FEBRIANTO WIJAYA

 

 

MAMUJU, RADAR SULBAR — Belakangan ini, wilayah Sulawesi Barat terdampak curah hujan yang meninggi. Mamuju misalnya, sering diguyur hujan deras dalam tempo yang tak singkat. Alhasil, banjir dan genangan kerap memenuhi beberapa ruas jalan. Terlebih karena kondisi drainase dalam kota masih belum memadai.

Demikian penuturan Ketua Komisi II DPRD Mamuju Febrianto Wijaya, kemarin. Selain drainase, ia melihat, perilaku membuang sampah sembarangan turut menjadi penyebab genangan. “Kebiasaan masyarakat sering membuang sampah sembarang tempat membuat air tersumbat. Ini diperlukan kesadaran masayarakat,” tutur Febrianto di gedung dewan, kemarin.

Menurut pria yang akrab disapa Anto, kebiasaan buang sampah sembarang tempat ini harus diubah. Selain itu dibutuhkan fungsi pengawasan dari dinas terkait. “Program Mamuju Mapaccing memang berjalan. Tapi perlu peningkatan dan upaya bahwa sekarang kita butuh cara memengaruhi masyarakat, sala satunya edukasi melalui hubungan antara orang tua dan anak,” tuturnya.

Terkait buruknya sistem drainase, kata Anto, disebabkan banyaknya jaringan drainase tertimbun sedimen bangunan yang menyebabkan pendangkalan saluran air. Ia mengusulkan, SKPD mestinya melakukan penggalian kembali dehingga menambah kedalaman drainase.

“Faktor ketiga, penebangan liar. Ada info dari masyarakat, dekat daerah kota ini seperti di Tamasapi banyak penebangan liar dan menyebabkan erosi sehingga tingginya curah hujan, air mengalir ke Mamuju dan terjadi genangan air hingga kedalamannya setengah meter,” ungkap politisi Partai Demokrat itu. (mg3/rul)

Click to comment
To Top