Polman

Tanam 2000 Pohon untuk Rehabilitasi Hutan

polman-tanam-pohon

Kades Kunyi Andri bersama Danramil 1402-01 Polewali, Kapten Inf Abdul Halim menanam pohon sengon di kawasan hutan Desa Kunyi Kecamatan Anreapi, Rabu 2 November 2016. (amri/radarsulbar)

 

 

ANREAPI RADAR SULBAR — Pasca kebakaran hutan dan lahan 2015 lalu di Desa Kunyi Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Kehutanan Sulbar bekerjasama Kodim 1402 Polmas dan Desa Kunyi melakukan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL).

Sebanyak 2.000 pohon sengon ditanam di kawasan hutan dan lahan yang rusak akibat kebakaran tahun lalu. Penanaman pohon sengon ini dilakukan, Rabu 2 Oktober dengan melibatkan anggota Kodim 1402 Polmas dan warga desa.

(RHL) adalah upaya memulihkan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan yang terbakar sehingga daya dukung, produktifitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga. Begitu penegasan Dandim 1402 Polmas, Sulawesi Barat, Letkol Kav I Made Bagus Suraputra.

Kerusakan sumberdaya hutan karena terbakar mengakibatkan menurunnya kemampuan hutan dalam mendukung fungsi ekonomi, sosial dan ekologis. Indikasi kerusakan ini dapat dilihat dari menurunnya kualitas Daerah Aliran Sungai (DAS) dan semakin intensnya bencana alam berupa banjir, kekeringan, dan tanah longsor.

BACA JUGA:  BL Setubuhi Anak Sendiri

“Dalam rangka mengembalikan kondisi hutan agar mampu berfungsi secara optimal sekaligus untuk mengatasi perubahan iklim, maka diperlukan upaya mitigasi berupa kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan di Kecamatan Anreapi,” ungkap Dandim. (mkb)

Click to comment
To Top