Siap-siap, Warga Baras akan Disisir – Radar Sulbar
Matra

Siap-siap, Warga Baras akan Disisir

PASANGKAYU, RADAR SULBAR — Konflik lahan yang melibatkan masyarakat dengan PT. Unggul Widya Teknologi Lestari (UWTL) tetap jadi atensi bagi Polres Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat.
Kapolres Matra AKBP Yanuar Widianto mengatakan pihaknya telah memiliki beberapa strategi dalam menyelesaikan konflik yang telah menahun itu. Diantaranya melakukan pemetaan, kemudian melakukan operasi yustisi (razia KTP).
Operasi Yustisi ini, kata dia, dilakukan untuk mengidentifikasi penduduk asli Baras yang mengklaim menjadi pemilik lahan dan mana yang hanya didatangkan dari luar. Sebab, menurut kapolres, pemisahan antara masyarakat asli Baras dan yang hanya didatangkan dari luar penting dilakukan guna menghindari konflik baru jika sengketa lahan ini telah menemukan titik penyelesaian.
“Kami mendapat asistensi dari Dikrimsus Polda Sulbar, dan menyampaikan langkah-langkah menyelesaikan masalah ini. Yaitu melakukan pemetaan, dan operasi yustisi untuk mengetahui mana orang Godang, orang Baras, dan orang luar,” terang kapolres awal pekan kemarin. (nur/dir)

Click to comment
To Top