Rahmatia Kembali Bersekolah – Radar Sulbar
Polman

Rahmatia Kembali Bersekolah

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar berbincang dengan Rahmatia di Takatidung, Selasa 2 November 2016. (arif/radarsulbar)

 

POLEWALI RADAR SULBAR — Rahmatia yang berusia 13 tahun akhirnya tersenyum manis, lantaran bisa kembali mengenyam pendidikan. Sebelumnya ia putus sekolah dan memilih berjualan ikan kering membantu neneknya cari nafkah.

Rahmatia yang tinggal bersama kakek neneknya, sudah tamat SD namun karena tak punya biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Karena itu, ia memilih membantu neneknya berkeliling kampung, menjunjung baki berisi ikan kering.

Berjualan ikan kering setiap hari ia lakoni dari lorong ke lorong agar bisa mengepulkan dapur rumahnya. Itupun jika beruntung ada yang membeli. Sejak kecil Rahmatia ditinggal ayahnya yang merantau ke Kalimantan sementara sang ibunya sudah tidak serumah dengannya.

“Bapaku sudah lama mi ke Kalimantan, ibu saya tinggal di Sarampu. Saya tinggal sama nenek. Saya cuma sampai SD tidak lanjut karena tidak ada biayanya nenekku,” tutur Rahmatia.

Masalah Warga Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat itu diketahui Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar saat melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Takatidung, Selasa kemarin. Sang bupati pun langsung memerintahkan instansi terkait turun tangan.

Rahmatia segera didaftar di SMPN 6 Takatidung yang tak jauh dari rumah neneknya di Lingkungan Mangramba Kelurahan Takatidung, Polman. “Kita juga minta agar pemerintah setempat melaporkan jika ada anak putus sekolah di daerahnya. Kita akan kembalikan ke sekolah, terkait masalah seragam itu bisa didanai dari dana Bos,” tutur H. Muhiddin, Kabid Dikmen Disdikpora Polman.

Sejauh ini, tambahnya, sudah ada tiga anak putus sekolah dari Kelurahan Takatidung yang telah terdata dan berhasil dikembalikan ke sekolah. (arf/mkb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top