Pentingnya Partisipasi Masyarakat Memberangus Narkoba – Radar Sulbar
Radar Metro

Pentingnya Partisipasi Masyarakat Memberangus Narkoba

MAMUJU, RADAR SULBAR — Kepala BNNP Sulbar, Kombes pol Purwoko Adi mengencangkan koordinasi pemberantasan narkoba dengan pihak terkait di Sulawesi Barat. Pihaknya juga akan terus menguatkan pemahaman masyarakat terkait bahaya narkoba.

Purwoko yang baru sepekan bertugas berjanji memaksimalkan program Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Apalagi Sulbar, khususnya Mamuju yang tengah berkembang, juga menjadi sasaran para pengedar Narkotika.

“Pencegahan. Tindakan ini meliputi advokasi, inseminasi informasi, dan intensifikasi dalam penyuluhan bagi masyarakat. Pilar ini memerlukan partisipasi aktif dari masyarakat. Masyarakat sekarang di Sulbar sekira 1,5 juta dan sudah terkena 17,5 ribu,” beber Purwoko.

Selanjutnya, kata dia, tindakan pemberantasan dengan ‘menyikat’ bandar, kurir dan pengedar. Namun, berbeda bentuknya akan berbeda jika petugas berhadapan dengan anak dibawah umur, dilakukan secara Humanis.

“Untuk anak, misalkan ada laporan, kita jemput kemudian kita assesment. Setelah assesment kita lakukan rehabilitasi. Untuk rehabilitasi, ada dua jalan yang kami tawarkan, rawat jalan yang pertemuannya selama delapan hari. Untuk rawat inap di Makassar, masyarakat atau keluarga pelaku/pecandu hanya menanggung biaya transport. BNN menanggung biaya rehabilitasinya,” urai Purwoko. (mg3/rul)

Click to comment
To Top