5 Sekolah di Polman Berharap Tembus Adiwiyata Nasional – Radar Sulbar
Pendidikan

5 Sekolah di Polman Berharap Tembus Adiwiyata Nasional

Tim penilai menelisik calon sekolah adiwiyata nasional di polewali Mandar, Sulbar. (muttalib/radarsulbar)

 
MAPILLI POLEWALI MANDAR — Lima sekolah calon adiwiyata nasional di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat telah menjalani penilaian verifikasi lapangan dari tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penilaian mulai Senin hingga Rabu kemarin dengan sekolah terakhir, yakni Madrasah Aliah Negeri (MAN) Lampa Kecamatan Mapilli. Hari pertama tim menilai SMAN 1 Polewali dan SMPN 3 Polewali. Hari kedua, Selasa 25 Oktober, menyusul SMPN 4 Polewali dan SMAN 3 Polewali.

Kelima sekolah berharap dapat ditetapkan sebagai adiwiyata nasional. Terpenting, adanya adiwiyata ini, siswa melakukan perubahan karakter menjadi lebih peka dan peduli terhadap lingkungan di sekitarnya, menuju Indonesia yang lebih baik.

“Ada empat indikator yang dinilai, yakni kebijakan adiwiyata yang berbasis lingkungan hidup, kurikulum pendidikan yang berbasis lingkungan, Adanya kegiatan sekolah bersifat partisipatif terhadap kualitas lingkungan hidup serta adanya sarana dan prasarana sekolah yang menunjang kualitas lingkungan hidup,” ungkap Ellyana Said, Koordinator tim verifikasi di sela penilaian di MAN Lampa, Rabu 26 Oktober.

Kepala MAN Lampa, Marzuki mengatakan sebelum adanya program adiwiyata, sekolahnya sudah didesain ramah lingkungan dan penghijauan. MAN Lampa kemudian berbenah dan ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata kabupaten hingga provinsi. “Kami berharap dapat lolos menjadi adiwiyata nasional,” ujarnya. (*)

Click to comment
To Top