Terbukti Pungli, Pejabat Dicopot – Radar Sulbar
Radar Metro

Terbukti Pungli, Pejabat Dicopot

MAMUJU, RADAR SULBAR — Pungutan liar (Pungli) kini menjadi salah satu fokus Pemprov Sulawesi Barat. Pejabat ataupun staf yang terbukti melanggar, siap-siaplah dicopot.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh mengutarakan bahwa Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah untuk membrangus ‘penyakit’ Pungli yang telah mewabah.

Pungli, merupakan pembahasan khusus dalam pertemuannya dengan Presiden dan para gubernur se Indonesia, di Istana Negara,  pekan kemarin. “Pak presiden berpesan bahwa praktik pungli bukan persoalan nominalnya yang besar atau kecil. Tetapi, pungli perlu diberantas karena ini menyangkut image bangsa dan juga meresahkan masyarakat,” papar Anwar di ruang kerjanya, Selasa 25 Oktober.

Olehnya, pejabat yang terbukti melakukan pungli, dipastikan dicopot. Bahkan, begitu seriusnya pemerintah memberantas praktik pungli, hingga Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), telah menghapus sekira 300 peraturan daerah (Perda) yang dianggap mengarah pada praktik pungli.

Anwar, menegaskan agar semua instansi mawas diri. “Termasuk juga lembaga-lembaga penegak hukum, harus benar-benar mengantisipasi potensi terjadinya pungli,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, gubernur mengaku akan mengundang bupati dan sekretaris kabupaten di enam kabupaten untuk rapat koordinasi (Rakor) membahas masalah tersebut. Terkhusus lingkup Pemprov Sulbar, Anwar mengaku telah memanggil sejumlah SKPD yang dianggap memiliki potensi untuk pungli. (jsm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top