Street Hunting, Merekam Aktifitas Masyarakat – Radar Sulbar
Radar Metro

Street Hunting, Merekam Aktifitas Masyarakat

MAMUJU, RADAR SULBAR — Sekira 20 penggemar fotografi di Ibukota Sulawesi Barat berkumpul di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju untuk mengikuti Street Hunting, Minggu 23 Oktober.

Para penggemar fotografi ini sengaja turun kejalan mengabadikan cerita manusia, benda dan alam di jalanan hingga ke pasar tradisional, dalam sebuah karya foto. Kegiatan yang dimotori komunitas Joint Photographer Generation [JPeG] Sulbar, bertajuk “Manakarra Street Hunting 2016” yang digelar kedua kalinya di Mamuju.

“Street hunt 2016 ini merupakan event nasional yang dilaksanakan serentak pada 33 Provinsi, di Indonesia digagas oleh Fotografer.net, Forum fotografi terbesar di Indonesia, dan di Mamuju sendiri kami dari JPeG yang mengkoordinir ini,” jelas Adi Purwanto, Koordinator Manakarra Street Hunt 2016 saat berada di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, kemarin.

Lebih lanjut Adi menyampaikan, Mamuju adalah salah satu kota di Indonesia yang rutin menjadi kota peserta pelaksanaan Fotografer.net Street Hunt. Mulai dari 2013, namun tahun lalu sempat tidak dilaksanakan berhubung tidak ada yang mengkoordinir kegiatan tersebut.

“Tahun ini kita kembali bersatu, dalam suka, duka, keluh kesah ide, cerita yang kita tuangkan dalam foto, dan ini terbukti hari ini (kemarin, red) street hunt 2016 dapat terlaksana dengan semarak,” ucapnya.

Sementara rute hunting di Mamuju, dimulai dari Anjungan, dan Pasar sentral Mamuju, dan berakhir di salah satu warung kopi (warkop) sembari istirahat sambil share hasil foto.
“Mulai dari Anjungan Pantai Manakarra kita merekam aktivitas car free day, masyarakat yang mandi-mandi di laut manakarra, hingga kegiatan di pasar utamanya pada penjual bahan pokok, termasuk pedagang ikan yang mengentalkan sisi humanisnya,” sambung Adi.

Ia menambahkan, dalam kegiatan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis, karena yang menjadi tujuan utamanya adalah mempererat silaturahmi, mengasah kemampuan dan sharing ilmu antar Photographer di Sulbar.
“Harapannya ke depan Mamuju dan Sulbar pada umumnya makin dikenal di kanca nasional,” tandas Adi. (fir)

Click to comment
To Top