Gerakan Kembali Bersekolah Sekaligus Promosi Budaya – Radar Sulbar
Pendidikan

Gerakan Kembali Bersekolah Sekaligus Promosi Budaya

MAMUJU, RADAR SULBAR — Pemkab Mamuju, Sulawesi Barat, akan menghadirkan 3.200 anak yang merupakan peserta program gerakan kembali bersekolah (GKB) di daerah ini. “Dalam seremonial nanti, anak-anak ini perlu dihadirkan. Itu juga untuk meraih penghargaan muri,” ujar Bupati Mamuju Habsi Wahid, belum lama ini.

GKB bakal bergulir pada 19 November mendatang di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, menghadirkan pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dari Pusat. Acara pembukaan nanti juga akan menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya khas Mamuju. “Sekaligus menjadi ruang promosi budaya yang mencirikan daerah kita. Sehingga Sulbar, khususnya Mamuju dapat dikenal di seluruh Indonesia,” tutur Habsi.

Sebanyak 3.200 anak ini tidak sekadar dikembalikan bersekolah. Tetapi juga akan diberikan bantuan pendidikan kepada melalui program pemerintah yang sifatnya tidak lagi membebankan orang tua siswa. “Seperti pemberian seragam sekolah gratis untuk tingkat SD dan SMP. Program ini akan terus berjalan selama lima tahun kepemimpinan saya bersama Wakil Bupati Irwan SP Pababari,” ungkap bupati.

Ditambahkannya, pemkab juga telah memiliki program beasiswa bagi peserta didik berprestasi. Tujuan utamanya, siswa berkualitas dan tak mampu, bisa terus melanjutkan pendidikannya dan tak terputus di tengah jalan. “Program pemerintah kabupaten ini juga harus disinkronkan dengan program pemerintah provinsi. Anak-anak tidak terputus hanya pada tingkat SMP. Bahkan dapat melanjutkan sekolahnya hingga ke jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya. (mg3/rul)

Click to comment
To Top