HABIBIE CUP 2015: Perang Bintang, Ada Kapten Timnas hingga Pemain Terbaik Piala Presiden – Radar Sulbar
Go Madrasah

HABIBIE CUP 2015: Perang Bintang, Ada Kapten Timnas hingga Pemain Terbaik Piala Presiden

FAJAR.CO.ID, PAREPARE–Stadion Gelora Mandiri Parepare menjadi saksi perhelatan Habibie Cup XXI, Rabu 28 Oktober. Bertabur pemain bintang, 12 klub siap unjuk gigi.

Turnamen yang memperebutkan piala bergilir mantan Presiden RI, BJ Habibie ini diramaikan pemain sepak bola nasional. Mereka adalah penghuni sejumlah klub papan atas Indonesia Super League (ISL).

Demi ambisi juara, Sidrap United resmi mendatangkan dua mantan kapten timnas, Ponaryo Astaman dan Boaz Solossa. Bukan hanya itu, salah satu pemain asing terbaik tanah air, Makan Konate juga resmi membela klub berjuluk Laskar Ganggawa itu.

Enggan diremehkan kabupaten tetangga, tuan rumah Persipare Parepare juga berbenah. Klub yang juga langganan juara Habibie Cup ini mendatangkan pemain terbaik dan top skor Piala Presiden, Zulham Zamrun. Laskar Madani, julukan Persipare juga menggaet pemain naturalisasi, Bio Pauline dan mantan kapten timnas, Hamka Hamzah.

Mantan penghuni Divisi Utama Perssin Sinjai juga memanaskan persaingan. Klub berjuluk Kuda Jantan dari Selatan itu mengandalkan trio pemain kunci Persela Lamongan. Tim yang bermarkas di Kabupaten Sinjai ini mendaulat eks arsitek PSM, Herman Kadiaman sebagai pelatih.

Tak mau kalah, Persibone juga memboyong pemain bintang ke Kota Niaga, Parepare. Mereka adalah Fandy Ahmad dan Nisar. Keduanya dari Borneo FC. Selain itu, eks penggawa PSM Kaharuddin Salam dan mantan pemain Persim Maros yang terakhir memperkuat Persik Kediri, Daniel, ikut diboyong.

Sama halnya Gabungan Sepak Bola Massenrempulu (Gasma) Enrekang juga turun dengan skuat bertabur bintang. Klub yang bermarkas di Kabupaten Enrekang ini mengandalkan ketangguhan dua pemain asing. Keduanya adalah Osas Saha dan OK Jhon.

[NEXT-FAJAR]

Ketua Umum Persiban Bantaeng, Rilman Abdullah, mengapresiasi gelaran turnamen Habibie Cup. Menurutnya, ajang ini menjadi wadah bagi para pesepakbola muda Sulsel untuk menunjukkan kualitas terbaik mereka. Kehadiran bintang ISL, juga semakin mengangkat prestise kejuaraan sekaligus mengasah bakat pesepak bola muda.

“Kehadiran pemain ISL justru tidak mengubah esensi dari turnamen ini yang bertujuan mencetak pesepak bola muda,” katanya.

Persiban Bantaeng merupakan salah satu kontestan yang juga mengandalkan kemampuan para pemain ISL. Laskar Butta Toa, julukan Persiban Bantaeng, diperkuat jebolan Timnas U-19, Paulo Sitanggang. Persiban juga menunjuk Isnan Ali sebagai pelatih kepala.

Sementara itu klub kebanggaan masyarakat Sulsel, PSM Makassar turun dengan amunisi pemain U-21. Muchlis Hadi Ning dan Maldini Pali menjadi pilar kunci Pasukan Ramang di Habibie Cup. Selain berkompetisi, PSM juga bakal membentuk tim khusus yang bertugas memantau pemain berbakat di turnamen ini.

“Kita akan turun dengan pemain muda. Ini sebagai ajang seleksi bagi pemain sebelum turun di turnamen Satu Abad dan Indonesia Super Cup,” ungkap Direktur Klub PSM, Sumirlan.

Pengamat sepak bola Faisal Maricar, menyebut, turnamen Habibie Cup yang diprakarsai harian FAJAR dan Pemkot Parepare, sebagai miniatur kompetisi Indonesia Super League. Kehadiran pemain papan atas Tanah Air menjadi alasannya. “Ini luar biasa. Selain menyajikan kompetisi yang sehat, Habibie Cup bakal jadi hiburan para penikmat sepak bola Tanah Air. Khususnya di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

[NEXT-FAJAR]

Faisal menjelaskan kehadiran pemain ISL, merupakan buntut dari vakumnya kompetisi sepak bola nasional. Jadi, menurutnya, hal itu lumrah jika Habibie Cup diserbu para pesohor lapangan hijau. “Apalagi klub peserta cukup profesional dalam membina para pemain,” ungkapnya.

Mantan pemain PSM ini juga menegaskan bahwa kehadiran pemain ISL juga jadi berkah bagi para debutan yang coba mengasah bakatnya di turnamen tersebut. Jika selama ini para pemain muda Sulsel hanya menyaksikan para idolanya di balik layar televisi, kali ini, kata dia, mereka akan berhadapan langsung. “Bahkan mungkin pemain muda kita, satu tim dengan para idolanya. Ini bagus untuk pembinaan,” ungkapnya. (Ardiansyah-Asri Samad)

Ini Daftar Para Pemain Bintang di Habibie Cup 2015:

Sidrap United

1. Abdul Rahman (Persib Bandung)
2. Otavio Dutra (Brasil, Persebaya United)
3. Agung Prasetyo (PSM Makassar)
4. Terens Uwang Puhiri (Pusamania Borneo)
5. Makan Konate (Mali, Persib Bandung)
6. Jajang Sukmara (Persib Bandung)
7. Boaz Solossa(Persipura Jayapura)
8. Victor Pae (Persija Jakarta)
9. Ponaryo Astaman (ex PSM Makassar)
10. Asmawi, Munirul Islam (eks Persipasi)
11. Bayu Gatra ( Bali United)
12. Firman Utina (Persib Bandung)
13. Ferdiansyah (Persipura)
14. Patrich Wanggai (Sriwijaya)
15. Markus Haris Maulana (eks PSM)

Pemain Gasma Enrekang

16. Deny Marcel (Persiram Raja Ampat)
17. Satrio Syam (Pelita Bandung Raya)
18. Ahmad Hisyam Tolle (PBFC)
19. Diva Tarkas (eks PSM)
20. Osas Saha (eks PSM)
21. OK Jhon (Mitra Kukar)
22. Tamsil Sijaya (eks PSM)
23. Iqbal Samad (PSM)

[NEXT-FAJAR]

Pemain Persiban Bantaeng

24. AM Guntur (eks PSM)
25. Rasul Zainuddin (eks PSM)
26. Djayusman Triasdi (PBFC)
27. Rahmat Latief (PBFC)
28. Paulo Sitanggang (Barito Putra)
29. Hermansyah Muchlis (PBFC)
30. Charles Parker( martapura FC)
31. Amirul Mukminin (Barito Putra)
32. Marchell (Martapura FC)

Persipare Parepare

33. Hamka hamzah (PBFC)
34. Zulham Zamrun (Persib Bandung)
35. Faturahman (Sriwijaya FC)
36. Asri Akbar (Sriwijaya FC)
37. Emil Mbamba (Persebaya)
38. Harianto (Persik Kediri)
39. Nugroho Mardiyanto (Persebaya United)
40. Moeniaga (PSS Sleman)
41. Zulkifli Syukur (Mitra Kukar)
42. Rezki Pellu (Mitra Kukar)
43. Bio paulin (Persipura)
44. Handi Hamzah (eks PSM)
45. Ahmad Rivai (eks Timnas U23)
46. Kurnia Meiga (Arema Cronus)
47. Evan Dimas (Persebaya United)

[NEXT-FAJAR]

Perssin Sinjai
48. Vicky Melano (Brisbane Roar Australia)
49. Hardianto (Persela Lamongan)
50. Zainal Haq (Persela Lamongan)
51. Ahmad Rajendra (Persela Lamongan)

PSM Makassar
52. Muchlis Hadi Ning
53. Maldini Pali
54. Dimas Galih
55. David Ariyanto

PS. Sandeq
56. Irsyad Aras (eks PSM)
57. Fandy Edy (eks PSM)

Persibone
58. Fandi Ahmad (PBFC)
59. Adnan Nizar (PBFC)
60. Kaharuddin Salam (eks PSM)
61. Daniel (Persijap)

(*/Fajar.co.id)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top